Tugas
Menelaah kurikulum
|
Nama : Novi Puspita Widiananda
NIM : ACC 110 058
|
1. Keunggulan
dan kelemahan Kurikulum KTSP
Jawab :
·
Keunggulan KTSP yaitu :
1.
Mendorong terwujudnya
otonomi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu bentuk kegagalan pelaksanaan kurikulum di masa lalu adalah adanya penyeragaman kurikulum di seluruh Indonesia, tidak melihat kepada situasi riil di lapangan, dan kurang menghargai potensi keunggulan lokal.
Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu bentuk kegagalan pelaksanaan kurikulum di masa lalu adalah adanya penyeragaman kurikulum di seluruh Indonesia, tidak melihat kepada situasi riil di lapangan, dan kurang menghargai potensi keunggulan lokal.
2.
Mendorong para guru,
kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan
kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
3.
KTSP sangat
memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan mata
pelajaran tertentu yang akseptabel bagi kebutuhan siswa. Sekolah dapat
menitikberatkan pada mata pelajaran tertentu yang dianggap paling dibutuhkan
siswanya. Sebagai contoh daerah kawasan wisata dapat mengembangkan
kepariwisataan dan bahasa inggris, sebagai keterampilan hidup.
4.
KTSP akan mengurangi
beban belajar siswa yang sangat padat. Karena menurut ahli beban belajar yang
berat dapat mempengaruhi perkembangan jiwa anak.
5.
KTSP memberikan peluang
yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum
sesuai dengan kebutuhan.
6.
Guru sebagai pengajar,
pembimbing, pelatih dan pengembang kurikulum.
7.
Kurikulum sangat
humanis, yaitu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan isi/konten
kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah, kemampuan siswa dan kondisi daerahnya
masing-masing.
8.
Menggunakan pendekatan
kompetensi yang menekankan pada pemahaman, kemampuan atau kompetensi terutama
di sekolah yang berkaitan dengan pekerjaan masyarakat sekitar.
9.
Standar kompetensi yang
memperhatikan kemampuan individu, baik kemampuan, kecakapan belajar, maupun
konteks social budaya.
10. Berbasis
kompetensi sehingga peserta didik berada dalam proses perkembangan yang
berkelanjutan dari seluruh aspek kepribadian, sebagai pemekaran terhadap
potensi-potensi bawaan sesuai dengan kesempatan belajar yang ada dan diberikan
oleh lingkungan.
11. Pengembangan
kurikulum di laksanakan secara desentralisasi (pada satuan tingkat pendidikan)
sehingga pemerintah dan masyarakat bersama-sama menentukan standar pendidikan yang
dituangkan dalam kurikulum.
12. Satuan
pendidikan diberikan keleluasaan untyuk menyususn dan mengembangkan silabus
mata pelajaran sehingga dapat mengakomodasikan potensi sekolah kebutuhan dan
kemampuan peserta didik, serta kebutuhan masyarakat sekitar sekolah.
13. Guru
sebagai fasilitator yang bertugas mengkondisikan lingkungan untuk memberikan
kemudahan belajar siswa.
14. Mengembangkan
ranah pengetahuan, sikap, dan ketrampilan berdasarkan pemahaman yang akan membentuk
kompetensi individual.
15. Pembelajaran
yang dilakukan mendorong terjadinya kerjasama antar sekolah, masyarakat, dan
dunia kerja yang membentuk kompetensi peserta didik.
16. Evaluasi
berbasis kelas yang menekankan pada proses dan hasil belajar.
17. Berpusat
pada siswa.
18. Menggunakan
berbagai sumber belajar.
19. Kegiatan
pembelajaran lebih bervariasi, dinamis dan menyenangklan
·
Kelemahan KTSP yaitu :
a. Kurangnnya
SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan
yang ada. Minimnya kualitas guru dan sekolah.
b. Kurangnya
ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sebagai kelengkapan dari
pelaksanaan KTSP .
c. Masih
banyak guru yang belum memahami KTSP secara komprehensif baik kosepnya,
penyusunannya,maupun prakteknya di lapangan
d. Penerapan
KTSP yang merekomendasikan pengurangan jam pelajaran akan berdampak
berkurangnya pendapatan guru. Sulit untuk memenuhi kewajiban mengajar 24 jam,
sebagai syarat sertifikasi guru untuk mendapatkan tunjangan profesi
2. Untuk
urutan materi kelas X bandingkan kurikulum KBK dan KTSP
Jawab :
No
|
KBK
|
KTSP
|
|||
1.
|
Sistem
periodik dan struktur atom
|
Struktur
atom
|
|||
2.
|
Ikatan
kimia
|
Ikatan
Kimia
-
Kestabilan unsur
-
Struktur Lewis
Ikatan ion dan ikatan
Kovalen
Ikatan Kovalen
koordinasi
Senyawa Kovalen polar
dan non polar
Ikatan logam
|
|||
No
|
KBK
|
KTSP
|
|||
3.
|
Tata
nama senyawa dan persamaan Reaksi sederhana
|
-
Tata nama senyawa
-
Persamaan Reaksi
sederhana
|
|||
4.
|
Hukum
dasar kimia
|
Hukum
dasar kimia
- Hukum
Lavoisier
- Hukum
Proust
- Hukum
Dalton
- Hukum
Gay Lussac
- Hukum
Avogadro
|
|||
5.
|
Perhitungan
kimia
|
Perhitungan
Kimia
|
|||
6.
|
Larutan
elektrolit dan non elektrolit
|
- Larutan
non elektrolit dan elektrolit
- Jenis
larutan berdasarkan daya hantar listrik
- Jenis
larutan elektrolit berdasarkan ikatan.
|
|||
7.
|
Reaksi
Oksidasi dan Reduksi
|
- Konsep
oksidasi dan reduksi
- Bilangan
oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
- Tata
nama menurut IUPAC
- Aplikasi
redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
|
|||
8.
|
Kekhasan
atom karbon
|
- Identifikasi
atom C, H dan O
- Kekhasan
Atom karbon
|
|||
9.
|
- Alkana,
alkena dan alkuna
- Isomer
- Sifat-sifat
fisik alkana, alkena dan alkuna
- Reaksi
senyawa Karbon
|
||||
10.
|
Minyak
bumi dan Petrokimia
|
- Minyak
bumi
- Fraksi
minyak bumi
- Mutu
bensin
- Dampak
pembakaran bahan bakar
|
|||
11.
|
- Senyawa
hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari
|
||||