novi puspita widiananda

satu untuk semua

Pages


Tugas Menelaah kurikulum
Nama     : Novi Puspita Widiananda
NIM       : ACC 110 058

1.    Keunggulan dan kelemahan Kurikulum KTSP
Jawab :
·      Keunggulan KTSP yaitu :
1.        Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu bentuk kegagalan pelaksanaan kurikulum di masa lalu adalah adanya penyeragaman kurikulum di seluruh Indonesia, tidak melihat kepada situasi riil di lapangan, dan kurang menghargai potensi keunggulan lokal.
2.        Mendorong para guru, kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
3.        KTSP sangat memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan mata pelajaran tertentu yang akseptabel bagi kebutuhan siswa. Sekolah dapat menitikberatkan pada mata pelajaran tertentu yang dianggap paling dibutuhkan siswanya. Sebagai contoh daerah kawasan wisata dapat mengembangkan kepariwisataan dan bahasa inggris, sebagai keterampilan hidup.
4.        KTSP akan mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat. Karena menurut ahli beban belajar yang berat dapat mempengaruhi perkembangan jiwa anak.
5.        KTSP memberikan peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan.
6.        Guru sebagai pengajar, pembimbing, pelatih dan pengembang kurikulum.
7.        Kurikulum sangat humanis, yaitu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan isi/konten kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah, kemampuan siswa dan kondisi daerahnya masing-masing.
8.        Menggunakan pendekatan kompetensi yang menekankan pada pemahaman, kemampuan atau kompetensi terutama di sekolah yang berkaitan dengan pekerjaan masyarakat sekitar.
9.        Standar kompetensi yang memperhatikan kemampuan individu, baik kemampuan, kecakapan belajar, maupun konteks social budaya.
10.    Berbasis kompetensi sehingga peserta didik berada dalam proses perkembangan yang berkelanjutan dari seluruh aspek kepribadian, sebagai pemekaran terhadap potensi-potensi bawaan sesuai dengan kesempatan belajar yang ada dan diberikan oleh lingkungan.
11.    Pengembangan kurikulum di laksanakan secara desentralisasi (pada satuan tingkat pendidikan) sehingga pemerintah dan masyarakat bersama-sama menentukan standar pendidikan yang dituangkan dalam kurikulum.
12.    Satuan pendidikan diberikan keleluasaan untyuk menyususn dan mengembangkan silabus mata pelajaran sehingga dapat mengakomodasikan potensi sekolah kebutuhan dan kemampuan peserta didik, serta kebutuhan masyarakat sekitar sekolah.
13.    Guru sebagai fasilitator yang bertugas mengkondisikan lingkungan untuk memberikan kemudahan belajar siswa.
14.    Mengembangkan ranah pengetahuan, sikap, dan ketrampilan berdasarkan pemahaman yang akan membentuk kompetensi individual.
15.    Pembelajaran yang dilakukan mendorong terjadinya kerjasama antar sekolah, masyarakat, dan dunia kerja yang membentuk kompetensi peserta didik.
16.    Evaluasi berbasis kelas yang menekankan pada proses dan hasil belajar.
17.    Berpusat pada siswa.
18.    Menggunakan berbagai sumber belajar.
19.    Kegiatan pembelajaran lebih bervariasi, dinamis dan menyenangklan
·      Kelemahan KTSP yaitu :
a.       Kurangnnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada. Minimnya kualitas guru dan sekolah.
b.      Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sebagai kelengkapan dari pelaksanaan KTSP .
c.       Masih banyak guru yang belum memahami KTSP secara komprehensif baik kosepnya, penyusunannya,maupun prakteknya di lapangan
d.      Penerapan KTSP yang merekomendasikan pengurangan jam pelajaran akan berdampak berkurangnya pendapatan guru. Sulit untuk memenuhi kewajiban mengajar 24 jam, sebagai syarat sertifikasi guru untuk mendapatkan tunjangan profesi

2.    Untuk urutan materi kelas X bandingkan kurikulum KBK dan KTSP
Jawab :

No
KBK
KTSP

1.
Sistem periodik dan struktur atom
Struktur atom

2.
Ikatan kimia
Ikatan Kimia
-          Kestabilan unsur
-          Struktur Lewis
Ikatan ion dan ikatan Kovalen
Ikatan Kovalen koordinasi
Senyawa Kovalen polar dan non polar
Ikatan logam
No
KBK
KTSP

3.     
Tata nama senyawa dan persamaan Reaksi sederhana
-          Tata nama senyawa
-          Persamaan Reaksi sederhana

4.     
Hukum dasar kimia
Hukum dasar kimia
-       Hukum Lavoisier
-       Hukum Proust
-       Hukum Dalton
-       Hukum Gay Lussac
-       Hukum Avogadro

5.               
Perhitungan kimia
Perhitungan Kimia

6.               
Larutan elektrolit dan non elektrolit
-       Larutan non elektrolit dan elektrolit
-       Jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
-       Jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan.

7.               
Reaksi Oksidasi dan Reduksi
-       Konsep oksidasi dan reduksi
-       Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
-       Tata nama menurut IUPAC
-       Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan

8.               
Kekhasan atom karbon
-       Identifikasi atom C, H dan O
-       Kekhasan Atom karbon

9.               

-       Alkana, alkena dan alkuna
-       Isomer
-       Sifat-sifat fisik alkana, alkena dan alkuna
-       Reaksi senyawa Karbon

10.           
Minyak bumi dan Petrokimia
-       Minyak bumi
-       Fraksi minyak bumi
-       Mutu bensin
-       Dampak pembakaran bahan bakar

11.           

-       Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari








0 komentar:

Posting Komentar